Kegiatan Senam Bersama Lintas Sektor Kecamatan .

 

Tanah Bumbu (SL) – Senam yg di laksanakan hari ini Sebagai salah satu Program yang telah disusun oleh Kecamatan Kuranji .

sejak di pimpin oleh Bapak Samsir, SE. M.AP . ini adalah kegiatan Senam Bersama Lintas Sektor Kecamatan , Dan Kegiatan ini di laksanakan satu kali dalam satu bulan pada setiap hari “Jum’at” pagi di halaman Kantor Kec.Kuranji  yang di mulai pada pukul 08.00 WIB setelah pelaksanaan apel pagi . Jum’at (20/12/ 2019) .

Senam Pagi tersebut di ikuti oleh seluruh Pegawai Kecamatan , staf Puskemas dan Perangkat-perangkat Desa . Karna Senam pagi ini merupakan suatu aktifitas fisik yang perlu di lakukan untuk menjaga ke bugaran jasmani para pegawai setelah setiap hari nya sibuk dengan aktifitas perkantoran dan pelayanan buat masyarakat yg ada di Wilayah mereka .

Gerakan-gerakan senam bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh , melancarkan sirkulasi darah sehingga lebih sehat dan segar . Terkena Pancaran sinar matahari pagi juga bagus bagi tubuh karena kandungan vitamin “D” alami nya .

Jika tubuh sehat dan bugar secara fisik , maka kemampuan konsentrasi juga akan meningkat dan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

Senam juga dapat memperkuat tulang , membantu menormalkan kembali aliran darah dan melatih urat saraf yang kaku sehingga meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh .

Olahraga ini juga bisa menjaga fungsi otak , mencegah Cepat nya penuaan (pikun) juga bisa mengurangi stress dan membuat lebih bahagia karena dengan kita melakukan gerakan senam maka tubuh akan melepaskan hormon endorphine .

Zat Endorphin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang .

Sebagai tambahan pengetahuan , Endorphin di þproduksi oleh tubuh kita (kelenjar pituitary) yaitu pada saat kita merasa bahagia (tertawa) dan pada saat kita istirahat yang cukup.

Zat ini bertindak seperti morphine , bahkan di katakan 200 kali lebih besar dari morphine .

Endorphin atau Endorphine mampu menimbulkan  senang dan nyaman .

Fungsi zat itu adalah untuk  tubuh. Artinya , selain mencegah memburuknya emosi kita , membuat bahagia , juga merangsang timbul nya zat imunitas .

Dengan endorphin perasaan kita akan lebih rileks dan tentu nya kita pun akan lebih mudah mengontrol diri kita dari amarah sekaligus berpikir positif dengan mengutamakan kesabaran. Dapat di katakan bahwa Zat Endorphin yaitu zat yang di produksi oleh tubuh ketika kita merasa bahagia (tertawa) .

Demikian yang di sampaikan Camat Kuranji dalam arahan nya pada saat apel pagi sebelum melaksanakan senam pagi ini.

“Terakhir beliau menyampaikan”,

PADA TUBUH YANG SEHAT , TERDAPAT JIWA YANG SEHAT .”katanya”.

 

(zulkifli) .

 

Mungkin Anda juga menyukai