Kecamatan Satui di Canangkan Sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

Kecamatan Satui di Canangkan Sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

Tanah Bumbu (SL) – Diawali dengan pembacaan ikrar bersama seluruh perangkat Kantor Kecamatan Satui, pencanangan Zona Integritas WBK diwilayah Kecamatan Satui disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, H. Rooswandi Salem, M. Sos. MM, Selasa (13/08/19).

Kemudian dilakukan penandatanganan Piagam Fakta Integritas oleh Camat Satui, Hery Kurbiansyah, Sos, Sekdakab Tanbu Rooswandi Salem, Wakil Ketua DPRD Tanbu HM. Alpiya Rahman, SE, MM, Kapolsek serta Danramil Satui.

Dalam sambutannya, Sekdakab Tanbu menyebut, Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan kepada Instansi Pemerintahan. Dimana Pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi juga Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui reformasi birokrasi khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Pencanangan Pembangunan Zona Integritas adalah langkah awal sebagai bentuk pernyataan komitmen Pemerintah Daerah untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi,” sebut Sekda.

Ia menambahkan, pencanangan zona integritas juga merupakan salah satu syarat dari penilaian mandiri reformasi birokrasi yang diamanatkan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Ada 5 SKPD yang ditetapkan sebagai Zona Integritas WBK diwilayah Kabupaten Tanah Bumbu, yaitu Disdukcapil, DPMPTSP, RSUD dr Andi Abdurrahman Noor, Pemerintah Kecamatan Karang Bintang dan Pemerintah Kecamatan Satui,” terang Sekda.

Menurutnya, keberhasilan pembangunan Zona Integritas sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing masing individu yang mempunyai relevansi dalam peningkatan kapasitas dan kualitas integritas organisasi, dimana individu tersebut berada dan melakukan kegiatannya.

“Diharapkan dengan adanya Zona Integritas ini dapat membentuk karakter aparatur birokrasi secara pribadi maupun kelembagaan yang profesional dan berkinerja baik dalam rangka mewujudkan Pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu menjadi Zona yang berintegritas, sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” pungkasnya.

(Rel/zul)

 

redaksi