Info Haji 2019 : JCH Tanbu Laksanakan Jumrah Aqobah

Info Haji 2019 : JCH Tanbu Laksanakan Jumrah Aqobah

MAKKAH (SL) – Jadwal melontar Jumrah Aqobah untuk Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Tanah Bumbu diatur oleh Pengelola Maktab 71, tempat para JCH berada.

Sesuai jadwal yang telah diatur oleh pengelola, maka waktu melontar Jumrah Aqobah untuk JCH Tanbu dilaksanakan pada Minggu, (11/08/2019) atau 10 Dzulhijjah 1440 H pada pukul 14.00 WAS (Waktu Arab Saudi).

Tepat pukul 13.30 WAS, JCH telah siap dan berkumpul dengan menggunakan pakaian ihram serta berbaris sesuai dengan urutan rombongan.

Ada 7 rombongan yang isinya 45 sampai 46 orang dan masing masingnya menggunakan atribut bendera tinggi sebagai penanda. Selain itu di depan rombongan juga terus dipandu oleh petugas dari Maktab 71.

Pada pukul 14.00 WAS, 7 rombongan JCH mulai berangkat menuju Jamarat utk melontar. Para jamaah sebelumnya telah menyiapkan batu kerikil untuk keperluan melontar saat menginap/mabit di Muzdalifah pada malam sebelumnya.

Perjalanan menuju Jamarat sendiri, ditempuh sekitar 2 jam dengan berjalan kaki. Demikian disampaikan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Akhmad Fauzi. Adapun jaraknya sejauh 4,5 km dengan melewati terowongan Muassin.

Cuaca saat melontar menurut Fauzi sangat terik, karenanya banyak para JCH yang menggunakan payung. Dalam perjalanan tersebut juga, sesekali polisi yang bertugas menyemprotkan air ke arah JCH untuk menyejukkan kondisi jamaah.

Sesampai di Jamarat, JCH diarahkan ke Jumratul Aqobah untuk melontar. Kemudian setelah selesai, dilanjutkan dengan tahallul awal.

Sedangkan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh prosesi pelontaran adalah sekitar 3 jam.

Selanjutnya, karena mengambil Nafar Tsani maka jamaah masih akan melakukan pelontaran pada 11,12 dan 13 Dzulhijjah. Baru setelahnya, mereka kembali ke Makkah untuk melaksanakan Tawaf Ifadah, Sai dan Tahallul akhir.

“Secara umum kondisi kesehatan para jamaah masih sehat dan penuh semangat,” tutupnya.

(Rel/ZUL)

redaksi

Tinggalkan Balasan