Takalar Jadi Kabupaten Layak Anak Tahun 2019

Takalar Jadi Kabupaten Layak Anak Tahun 2019

Takalar (SL) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI memberikan apresiasi dan Penghargaan kepada pemerintah kabupaten Takalar yang dinilai mampu menyelenggarakan perlindungan bagi perempuan dan anak.

Kabupaten Takalar dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak tahun 2019 kategori Pratama oleh Menteri PPPA, Yohana Yambise pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019 yang dipusatkan di Makassar, pada Selasa (23/7/2019) yang lalu.

Menteri PPPA menjelaskan bahwa kementerian yang dipimpinnya menginstruksikan pemerintah untuk memberikan perlindungan terhadap anak dan hak-hak atas anak yang diprioritaskan. Karena setiap tahunnya kementrian PPPA melaksanakan penilaian terhadap daerah dan bagian kabupaten/kota yang dinilai berhasil.

Memasuki tahun ke-7 ini, penilaian Kabupaten Layak Anak (KLA) dilaksanakan secara intern dan diawali dengan tahap evaluasi mandiri secara online, berdasarkan 24 indikator KLA dengan sekitar 430 pertanyaan atau variabel evaluasi sejak April-Mei 2019.

Salah satu indikator KLA yakni tersedianya hak sipil dan kebebasan serta pelayanan taata administrasi anak (akte kelahiran) dikantor Pemerintahan. “Kita patut berbangga dan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT karena selama 7 tahun beturut-turut dilaksanakan penilaian kabupaten layak anak baru pertama kalinya kabupaten Takalar mendapat penghargaan kategori Pratama se-Indonesia”, kata Bupati Takalar Syamsari, S.Pt, MM.

Kabupaten Takalar meraih penghargaan Kabupaten / Kota Layak Anak tahun 2019 bersama-sama dengan 14 daerah lainnya di Sulsel, diantaranya Makassar, Bantaeng, Bulukumba, Sidrap, Sinjai, Bone, Maros, Gowa, Luwu Utara, Palopo, Luwu Timur, Pare-Pare, dan Soppeng.

 

Muslimin

redaksi