Meriahnya Parade Budaya Banjar dan Dayak Meratus Pada Festival Banjar 2019

Meriahnya Parade Budaya Banjar dan Dayak Meratus Pada Festival Banjar 2019

 

JAKARTA (SL) – Puncak rangkaian Festival Banjar 2019 menghadirkan Parade Budaya Banjar dan Dayak Meratus di area Car Free Day Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (21/07/2019).

Parade ini merupakan replika dari kegiatan yang ada Pasar Terapung yang merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kalimantan Selaran.

Kabupaten Tanah Bumbu sebagai salah satu peserta parade menampilkan para penari, duta wisata dan dua jukung hias yang dipenuhi dengan makanan khas seperti yang ditampilkan pada event Ekspo Potensi Kalsel dua hari sebelumnya.

Parade dimulai dari Museum Nasional Indonesia di kawasan silang Monas, lalu menyusuri Jalan HM Thamrin hingga sampai ke titik finish di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia.

Di titik finish telah ada panggung untuk menampilkan berbagai macam atraksi kesenian yang melibatkan seluruh kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Selatan tersebut.

Turut serta menjadi peserta parade, Wakil Bupati Tanah Bumbu H Ready Kambo dan Sekretaris Daerah H Rooswandi Salem serta beberapa pejabat SKPD lainnya yang turut mendampingi.

Parade ini berlangsung sangat meriah hingga mampu menarik perhatian masyarakat yang memadati area Car Free Day.

Hal ini telihat dari antusiasme masyarakat dari yang sekedar melihat dan mengabadikan momen tersebut melalui ponselnya, hingga yang sengaja selfie atau bahkan berfoto disamping jukung dan peserta parade.

Wakil Menteri Luar Negeri RI, AM Fachir saat memberikan sambutan di titik finish mengatakan, parade ini merupakan upaya untuk menampilkan Kalimantan Selatan ke tingkat nasional dan internasional.

Ia menjelaskan, selain melibatkan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan, event ini juga melibatkan Kerukunan Bubuhan Banjar yang berasal dari semua lapisan seperti politisi, birokrat, pengusaha, swasta dan lain sebagainya.

“Ini istilahnya adalah kayuh baimbai, dengan menampilkan kekayaan kita. Mudah mudahan memberikan pengetahuan yang banyak tentang Kalimantan Selatan di panggung nasional, sekaligus potensi kerjasama dengan negara sahabat,” sebutnya.

Termasuk menurutnya, dengan mengenalkan Kalimantan Selatan di saat Car Free Day diharapkan akan banyak wisatawan yang akan datang ke Kalimantan Selatan, baik lokal maupun mancanegara.

Kemudian masyarakat yang memadati panggung Parade Budaya Banjar dan Dayak Meratus Festival Banjar 2019 dipentaskan penampilan berbagai kesenian yang telah disiapkan sebelumnya, sembari disuguhi kuliner khas Kalimantan Selatan yang diarak dalam jukung hias para peserta parade.

(Rel/ZUL)

redaksi