Dapur Umum Dinsos Tanbu Sanggup Sediakan 1500 Bungkus Makanan

BATULICIN (SL) – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) membuka dapur umum untuk melayani kebutuhan makan para pengungsi korban terdampak banjir di Kecamatan Karang Bintang.

Kepala Dinas Sosial Tanbu, Basuni, mengatakan dapur umum ini didirikan sejak Senin (10/06/2019) lalu.

Menurut Basuni, alat di dapur umum Dinsos ini memiliki daya masak yang sanggup menyediakan hingga seribu lima ratus bungkus nasi beserta lauk-pauknya.

“Selain petugas Tagana, dapur umum juga mendapat support dari TP PKK Tanbu, TRC BPBD, Satpol PP, dan warga masyarakat sekitar, serta pihak lainnya,” sebut Basuni.

Menurut Basuni, kemampuan petugas Tagana Tanbu sudah mahir dan terbiasa di dapur umum. Sebelumnya, para petugas Tagana Tanbu pernah dikirim untuk bertugas melayani warga korban gempa di Palu, Sulawesi Tengah selama sebulan lebih.

“Pengalaman yang mereka peroleh ini diaplikasikan juga saat melayani korban terdampak banjir di Kecamatan Karang Bintang,” ujar Basuni di Posko Dapur Umum Karang Bintang

Terkait bantuan logistik, Basuni mengatakan selain dari Pemkab Tanbu juga terus berdatangan dari pihak perusahaan, perorangan, dan lainnya.

Sementara itu, pada Rabu (12/06/2019) siang, Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor, menjenguk dapur umum terdampak banjir Kecamatan Karang Bintang.

Kedatangan Bupati untuk memastikan kebutuhan logistik dan makanan warga terdampak banjir terpenuhi.

H Sudian Noor mengharapkan penerimaan bantuan bisa melalui satu pintu, hingga penyebarannya nanti bisa merata bagi korban terdampak banjir.

“Pemerintah daerah terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada korban terdampak banjir. Penyaluran bantuan akan lebih maksimal penyebarannya bagi warga terdampak apabila disalurkan melalui posko induk yang ada di wilayah terdampak,” sampainya.

Di saat yang sama juga dilakukan penyerahan bantuan sembako oleh Kantor Pertanahan Tanah Bumbu, Endah Nurcahaya kepada perwakilan Pemerintah Kecamatan Karang Bintang yang disaksikan oleh Bupati, Ketua TP PKK dan Kepala Dinas Sosial. Bantuan itu merupakan sumbangsih dari para pegawai yang ada di Kantor Pertanahan Tanah Bumbu. Adapun bantuan itu terdiri dari beras, kopi, minyak goreng, susu, kecap, mie instan, sabun dan air mineral.

(Rel/ZUL)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan