Pelajar Tanbu Terima Pendidikan Wawasan Kebangsaan

Pelajar Tanbu Terima Pendidikan Wawasan Kebangsaan

BATULICIN (SL) – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) memberikan sosialisasi wawasan kebangsaan terhadap pelajar, Rabu (15/05/2019) di Aula SMA Negeri 1 Simpang Empat.

Kepala Kantor Kesbangpol Tanbu, Darmiadi mengatakan kegiatan tersebut guna memaksimalkan proses pembentukan sikap dan moral generasi muda agar menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air, bangsa, dan negara, apalagi Indonesia terdiri atas berbagai suku, bangsa, agama, dan adat istiadat.

“Pemahaman nilai-nilai wawasan kebangsaan merupakan kebutuhan mutlak, terutama bagi generasi muda di tengah arus globalisasi dan proses demokrasi akhir-akhir ini,” kata Darmiadi.

Ia mengatakan, penerapan konsep wawasan kebangsaan yang baik dapat membentuk manusia Indonesia seutuhnya serta menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurutnya, seseorang yang memiliki pemahaman wawasan kebangsaan yang kuat akan mempunyai semangat cinta Tanah Air, begitu juga sebaliknya jika kehilangan wawasan tentang makna hakikat sebuah bangsa dan kebangsaan, maka akan mendorong terjadinya disorientasi dan perpecahan.

Pihaknya berharap dengan ditanamkannya wawasan kebangsaan terhadap generasi muda, kehidupan bangsa ke depan menjadi lebih baik lagi.

Sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanbu Firdaus, dari Polres Tanbu AKP Sjaiful Jayadiningrat dan Lettu Inf. Sinaga dari Kodim 1022 Tanbu.

Firdaus dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanbu menyampaikan materi tentang Pancasila.

“Pancasila merupakan rumah kita, jadi apapun yang kita lakukan dalam berbangsa dan bernegara harus berpedoman atau kembali ke Pancasila. Dengan begitu, kita mampu membentengi diri dari paparan pemahaman radikal, sehingga kita tidak akan terjerumus kepada pemahaman radikalisme itu sendiri,” ujarnya.

Sedangkan Lettu Inf. Sinaga dari Kodim 1022 Tanbu menyampaikan persoalan-persoalan kebangsaan yang sekarang sering muncul di ruang publik.

Menurutnya hal itu menuntut perhatian bersama, persoalan-persoalan itu tidak hanya berkaitan dengan isu moralitas yang memprihatinkan, namun juga persoalan radikalisme, terorisme, aliran sesat dan masalah lainnya.

Untuk itu, ia berharap para pelajar mampu menjadi pelopor dalam mengimplementasikan nilai-nilai wawasan kebangsaan itu di tengah masyarakat terutama generasi muda.

“Kita perlu memupuk sikap toleransi antar sesama, karena di era seperti saat ini sikap toleransi sudah mulai memudar sehingga kita mudah terhasut terhadap hal-hal yang belum jelas kebenaranya,” sampainya.

Sementara itu AKP Sjaiful Jayadiningrat dari Polres Tanbu menambahkan pentingnya usaha bela negara dari berbagai ancaman dan menjaga keutuhan wilayah NKRI, dimana hal itu merupakan sebuah kewajiban bagi setiap warga negara.

Kegiatan sosialisasi itu dihadiri Kodim 1022 Tanah Bumbu, Polres Tanah Bumbu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kominfo, Kesbangpol dan diikuti oleh 98 pelajar yang seluruhnya berasal dari SMA Negeri 1 Simpang Empat.

(Adi/zul)

redaksi