Dinas PMD adakan Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Kabupten Tanah Bumbu

Tanah Bumbu (SL) – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa (PMD) kembali menggelar lomba Cipta inovasi teknologi tepat guna (TTG) tahun 2019 , yang mana diharapkan melalui kegiatan ini menjadi instrumen bagi inovator untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu melalui berbagai temuan yang berbasis kearifan lokal .

Dasar pelaksanaan adalah dari undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa kemudian Peraturan Menteri Desa nomor 23 tahun 2017 tentang pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna dalam pengelolaan sumber daya alam desa kemudian seandainya dari fungsi presiden Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2001 tentang penerapan dan pengembangan teknologi tepat guna adalah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dapat menjawab permasalahan masyarakat tidak merusak lingkungan dan dapat di manfaatkan oleh masyarakat secara mudah .

serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan hidup Tujuannya adalah untuk mempercepat pemulihan ekonomi meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha ekonomi menciptakan lapangan kerja meningkatkan produktivitas dan untuk produksi kemudian tujuan selanjutnya adalah untuk menunjang pengembangan wilayah melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemanfaatan sumber daya alam dan untuk mendorong tumbuhnya inovasi bidang teknologi laporkan bahwa peserta lomba inovasi teknologi hari ini ada perwakilan dari 6 Kecamatan dari 10 Kecamatan yaitu ;

1.Kecamatan Kusan Hilir .

2.Kecamatan Sungai loban .

3.Kecamatan satui .

4.Kecamatan Angsana .

5.Kecamatan kusan hulu dan .

6.Kecamatan Kuranji .

tempat pelaksanaan acara lomba inovasi ini di laksanakan di “Aula Gedung Mahligai Serbaguna Kapet” Kec.Simpang Empat Kab.Tanbu .

Hari Rabu (10 april 2019) .

Biaya pelaksanaan kegiatan lomba inovasi tingkat kab.tanah bumbu ada pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa (PMD) di bidang pemberdayaan ekonomi dan pembangunan desa .

Supaya dapat Di harapkan mampu meningkatkan kualitas hasil produksi tidak langsung alat atau mesin melainkan juga dapat teknologi proses atau produk yang dapat menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan .

di samping itu teknologi membuka peluang bagi para pengusaha dalam berinvestasi dalam mengembangkan teknologi tepat guna di daerah dunia usaha sangat dibutuhkan dalam memproduksi teknologi dengan tingkat harga yang relatif terjangkau .

Dan kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahun nya , di mulai dari Lomba tingkat kabupaten kemudian nanti akan di selenggarakan di lomba tingkat provinsi nanti nya .

2 Dari Pemenang untuk tingkat kabupaten akan di ikut sertakan tingkat provinsi .

Pemerintah daerah menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakannya lomba inovasi teknologi tepat guna ini karena kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam rangka mempromosikan hasil penemuan para impor Creator dan inovator teknologi tepat guna yang berasal dari desa di Kab.Tanah Bumbu .

Selain itu pelaksanaan ekonomi ini sebagai upaya turut mendorong percepatan kemandirian masyarakat desa sekaligus meningkatkan kualitas dan kuantitas di daerah di wilayah pedesaan dalam pengelolaan dan optimalisasi sumber daya alam .

Oleh karena itu melalui lomba inovasi teknologi tepat guna (TTG) kali ini di harapkan dapat turut mendorong tumbuh berkembang nya inovasi-inovasi baru dalam pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dapat menjawab permasalahan masyarakat dan tidak merusak lingkungan agar nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan hidup guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di bumi bersujud .

Roni salah satu warga dari Kecamatan Angsana menampilkan alat pemotong serbaguna (Riser) , Dia Menjadi Juara 1 (TTG) Tingkat Kab.Tanah Bumbu .

Dari 6 Kecamatan yang ikut Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu.

yang menerima Juara 1 , 2 dan 3 nya adalah dari Kecamatan ;

1.Juara 1 Kec.Angsana (Riser) .

2.Juara 2 Kec.Kuranji (Angkong)

3.Juara 3 Kec.Kusan Hulu (Alat Pengumpan Ikan Otomatis).

 

(zulkifli / ali alatas) .

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan