Resmikan Rumah Kelola Sampah, Sekda Harapkan Mampu Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

BATULICIN (SL) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Bumbu, H Rooswandi Salem, meresmikan Rumah Kelola Sampah di Desa Barokah, Kecamatan Simpang Empat, Kamis (07/02).

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Sekda didampingi Direktur Utama PT Pelni Insan Purwarisya L Tobing dan Direktur Keuangan PT Pelni Tri Andayani.

Rumah Kelola Sampah merupakan bagian dari Program Bina Lingkungan PT Pelni.

Sekda H Rooswandi Salem, saat meresmikan RKS, mengatakan pemerintah daerah sangat mendukung dengan adanya rumah kelola sampah program bina lingkungan PT Pelni.

“Atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada PT Pelni yang memprioritaskan Kabupaten Tanah Bumbu untuk program bina lingkungan ini,” kata sekda.

Pemerintah berharap kegiatan ini tidak hanya sampai disini saja. Tetapi terus berkesinambungan.

Sekda menambahkan keberadaan RKS diharapkan pula mampu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan sampah rumah tangga yang diolah sedemikian rupa sehingga bernilai ekonomis.

Sekedar informasi, RKS merupakan tempat pengelolaan sampah terpadu dengan konsep 3T yaitu reuse, reduce, dan recycle.

Adapun program turunan yang dihasilkan di RKS tidak hanya cacahan plastik, namun juga terdapat kerajinan dan media tanam yang dapat diintervensikan kedalam berbagai produk pertanian dengan bahan dasar sampah.

Hadir pada peresmian RKS Desa Barokah, Kepala DLH Tanbu, KSOP Batulicin, Muspika Simpang Empat, Kades Barokah, dan tamu undangan lainnya.

(rel/zul)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai