Bupati Tanah Bumbu Hadiri Rakornas BPBD

SURABAYA (SL) – Pemerintah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kali ini Rakornas yang dibuka oleh Presiden Jokowi tersebut dilaksanakan di Surabaya Jawa Timur.

Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor hadir bersama dengan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Eryanto Rais beserta dengan jajarannya.

Saat membuka Rakornas pada Sabtu, (02/02), ada enam hal yang dititikberatkan oleh Presiden RI.

Pertama, pemerintah daerah dalam merencanakan tata ruang turut pula dengan memperhitungkan zona bencana. Dan implementasinya harus dengan tertib dan tegas.

Lalu kedua, keterlibatan pihak akademisi diperlukan dalam melihat lokasi rawan bencana melalui kajian dan analisis yang teliti, sehingga pemerintah daerah mampu melihat potensi ancaman yang ada dan mampu mengantisipasinya serta berdampak pada pengurangan korban.

Ketiga, apabila terjadi sebuah bencana di daerah, maka Gubernur otomatis menjadi komandan satuan tugas dalam menangani bencana tersebut. Hal ini berguna agar bencana bisa segera ditangani dan tidak serta merta langsung dibawa atau menunggu pemerintah pusat.

Keempat lanjut Presiden, melaksanakan pembangunan EWS terpadu berbasis analisis pakar. Semua Kementerian Lembaga harus terus saling berkoordinasi, sehingga mampu menciptakan sistem peringatan dini.

Lalu kelima, mulai tahun 2019 warga masyarakat, anak-anak sekolah, tokoh2 masyarakat, dan lainnya harus diberikan edukasi kebencanaan.

Dan yang terakhir keenam, pelaksanaan simulasi latihan penanganan bencana yang dilakukan secara berkala, berkesinambungan hingga ke tingkat bawah.

(rel/zul)

Mungkin Anda juga menyukai